Sabtu, 05 Februari 2011

Cara mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat

hai teman-teman disini saya akan memberikan informasi tentang bagaimana caranya mendaur ulang sampah menjadi barang yang lebih bermanfaat. SELAMAT MEMBACA YA... :)

  Sampah atau barang bekas biasanya sebagian orang menganggapnya sudah tidak berguna lagi atau barang sisa yang sudah tidak bisa menghasilkan apa-apa, dan biasanya kita juga langsung membuangnya ke tempat sampah atau mungkin membuang sampah itu sembarangan. Tetapi barang bekas bisa lebih berguna kalau kita bisa memanfaatkannya dengan baik. tapi ingat ya teman-teman yang dipakai sampah yang bahan kaleng atau plastik dan sebagainya, pokoknya yang bisa di daur ulang deh,.. :D
  apakah kita pernah berfikir untuk mengolah sampah menjadi barang yang lebih bermanfaat ? nah, disini saya akan membahasnya..
  kita bisa mengolah barang bekas itu dirumah, pekerjaan ini bisa menjadi sambilan buat kita, kalau kita lagi jenuh, bt, kita luangkan waktu kita untuk mengolah barang bekas ini.
  sifat barang bekas yang ingin dijadikan barang bermanfaat itu pada dasarnya mudah dan murah maksudnya mudah dan murah itu adalah kita tidak perlu ada teknis, dan keahlian khusus  untuk mengolahnya. yang kita perlukan hanya kemauan dan keterampilan yang tumbuh pada diri kita, dan keterampilannya bisa kita pelajari.
  kita coba yang paling mudah dulu ya teman-teman. misalnya, kita sebagai pelajar ingin mendaur ulang koran atau kertas bekas menjadi sesuatu yang lebih berguna. mengapa kita pilih koran atau kertas bekas ??
karena itu adalah sampah yang biasanya ada dirumah kita yang paling banyak kita temui. hampir setiap rumah memiliki sampah tersebut.
Bila kita memiliki cukup banyak koran atau kertas bekas, kita bisa membuat kerajinan dirumah yang lebih bermanfaat. yang harus kita lakukan terlebih dahulu tentunya adalah mengumpulkan koran atau kertas bekasnya dulu. Bila persediaan di rumah kita kurang mencukupi, kita bisa membelinya di tetangga. hehe :D
setelah terkumpul cukup banyak, barulah kita mengolahnya.

Gimana sih cara ngolahnya ??? baca terus yaa... :)

Di tahap awal, kita siapkan dulu peralatannya. Langkah mengolah barang bekas berupa koran, adalah merendam koran-koran bekas tersebut hingga luluh lantak dan tidak berbentuk koran lagi. tidak perlu membeli bahan baku kan ? karena bahan bakunya sudah bisa kita dapatkan secara gratis dari koran bekas ini. kalaupun harus membeli punya tetangga , harganya tidak mahal. :D
Yang perlu di beli adalah tepung kanji. tepung kanji ini nantinya akan kita olah dengan bubur koran tersebut. Tepung kanji dengan jumlah yang disesuaikan dengan jumlah  koran bekas tersebut kita rebus. jangan lupa mengaduknya secara rata, setelah cukup kental (tidak sampai menjadi lem) , kita tinggal memasukkan  bubur koran .
Terakhir, kita bisa membentuk adonan koran dan kanji tersebut menjadi bentuk yang kita suka. misalnya, sandal, tempat pensil dan lain-lain.
kita bisa melakukannya sendiri. nanti, bila bisnis daur ulang barang bekas ini sudah cukup menghasilkan, mungkin kita bisa meminta bantuan ke orangtua kita, bila merepotkan orang tua, kita juga dapat memperkerjakan orang lain.
ini adalah salah satu contoh kerajinan dari kertas bekas.. unik kan ??


Selamat mencobanya di rumah ya teman-teman... mudah-mudahan sukses :)















3 komentar:

  1. aku pengen tau contoh cara bikinnya lebih detail lagi,ada nga foto2nya???
    pengen coba d rumah nie

    BalasHapus
  2. berarti ituu koranya d ancurin ya pake air?

    BalasHapus